I made this widget at MyFlashFetish.com.


Minggu, 23 Agustus 2009

Ustadz Hilman Rosyad: Bom Bunuh Diri Bertentangan dengan Islam

DEPOK, KOMPAS.com — Ustaz Hilman Rosyad Syihab dari Partai Keadilan Sejahtera menilai, teror bom bunuh diri yang terjadi di Hotel JW Mariott dan Ritz Carlton pertengahan Juli silam bertentangan dengan ajaran agama Islam. Menurutnya, para pelaku tidak beralasan kuat untuk melakukannya. Hal ini disampaikannya di sela-sela Diklat DPW dari PKS se-Jawa Barat di Hotel Bumi Wiyata Depok, Minggu (23/8).

Ustaz Hilman mengakui, pemahaman jihad memberikan izin bagi penganutnya untuk melakukan jihad melalui bom bunuh diri dengan alasan yang kuat dan pada konteks yang benar. Hal ini, misalnya, dilakukan oleh pahlawan Mohamad Toha ketika menghancurkan pertahanan gudang amunisi Belanda dalam peristiwa Bandung Lautan Api. Tidak demikian yang dilakukan oleh Ibrahim dkk.

"Islam tidak boleh lakukan hal seperti itu tanpa alasan. Kalaupun bom itu dibilang untuk membela umat Islam, justru kita sebagai bangsa Indonesia terhina dan rugi," tutur Ustaz Hilman. Akibat yang ditimbulkannya justru adalah masalah besar, seperti melemahnya kepercayaan dunia internasional sehingga menyebabkan travel warning dari sejumlah negara. "Jadinya meresahkan semua," ujar Ustaz Hilman.

Dalam zaman globalisasi ini, ungkapnya, jihad dengan pendekatan militer sudah tak relevan. Jihad dengan semangat dan pemahaman yang sama sejak masa Rasullulah harus dilakukan kontekstual. Misalnya, generasi muda bisa berjihad dengan bersungguh-sungguh belajar, berbakti kepada orangtua, menggali potensi dan bakat diri, serta meraih kesempatan beasiswa di mana pun.

Untuk menghadapi masalah kemiskinan, bisa ditempuh dengan mengembangkan jiwa kepedulian, kesetiakawanan, serta menghimpun kepedulian bersama untuk memberi bantuan kepada kaum miskin dan anak jalanan. Generasi muda juga bisa mulai dengan membatasi pergaulan bebas dan mendekati komunitas yang baik, seperti pemuda masjid atau organisasi mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Berbagi dengan Sesama

Berbagi dengan Sesama