I made this widget at MyFlashFetish.com.


Senin, 31 Agustus 2009

MENPORA ADHYAKSA MUNDUR DARI CALEG TERPILIH 2009

JAKARTA - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) Adhyaksa Dault memutuskan mundur sebagai calon legislatif terpilih 2009. Caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tengah itu menjadi caleg terpilih kedua yang mengundurkan diri sebelum dilantik, menyusul Fredy Numberi, rekan sesama menteri.

Adhyaksa Dault memilih menyelesaikan tugas sebagai menteri hingga masa jabatannya berakhir. ''Saya harus memilih. Maka, saya memilih untuk mengundurkan diri (sebagai caleg terpilih). Jadi menteri saja, alhamdulillah,'' kata Adhyaksa di gedung KPU, Jakarta, kemarin (27/8). Adhyaksa menemui pimpinan KPU untuk mengonsultasikan prosedur pengunduran dirinya sebagai anggota dewan terpilih. Kedatangan Adhyaksa diterima langsung Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary.

Sesuai ketentuan, saat dilantik sebagai anggota DPR terpilih pada 1 Oktober nanti, setiap pejabat negara ataupun PNS harus mundur terlebih dulu. Para menteri yang terpilih menjadi anggota dewan juga harus mengikuti aturan tersebut.

Masa jabatan Adhyaksa sebagai menteri sebenarnya juga segera berakhir. Tepatnya, bersamaan dengan pelantikan presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang. Namun, menurut dia, meski selisihnya hanya sekitar 20 hari, dirinya tetap ingin melepaskan kesempatan menjadi anggota dewan. ''Kalau masuknya dulu baik-baik, keluarnya juga harus baik-baik. Jadi tidak perlu mundur,'' tambah menteri kelahiran Donggala, Sulteng, itu.

Adhyaksa membantah keputusan mundur itu dilakukan karena sudah ada kepastian masuk kabinet lagi. Menurut dia, hingga kini dirinya belum mengetahui akan dipilih kembali sebagai menteri atau tidak oleh SBY. ''Kalau dipilih (lagi), itu takdir yang baik. Kalau tidak, saya bisa kembali mengajar,'' ujar dosen ilmu kelautan dan perikanan di Universitas Diponegoro (Undip), Semarang, itu.

Terkait pengganti dirinya sebagai calon anggota DPR, Adhyaksa mengungkapkan, penggantinya adalah caleg PKS dengan perolehan suara terbesar kedua di dapil Sulteng. Sosok beruntung itu adalah Akbar Zulfakar.

Pada 21 Agustus lalu, KPU juga menerima surat resmi dari Partai Demokrat terkait pengunduran diri Fredy Numberi sebagai caleg DPR terpilih. Menteri kelautan dan perikanan itu bahkan lebih dulu memutuskan mundur sebagai anggota DPR terpilih ketimbang Adhyaksa. Alasannya, Fredy ingin berkonsentrasi menyelesaikan tugas sebagai menteri. Partai Demokrat lantas mengganti Fredy dengan Milton Pakpahan, caleg Demokrat peraih suara terbanyak kedua di dapil Papua.

Tidak ada komentar:

Berbagi dengan Sesama

Berbagi dengan Sesama